10 Cara Pencegahan Pemakaian Narkoba Di kalangan Pelajar

Tulipshare - Cara mencegah narkoba dikalangan pelajar lebih bijak jika dilakukan pada saat mereka masih kanak kanak agar ketika dewasa mereka memahami bahayanya.


Narkoba merupakan jenis obat obatan yang bersifat alkoloid analgenik yang jika digunakan secara berlebihan dapat merusak sistem saraf pusat dan pembuluh darah pada jaringan tubuh. Pada dasarnya narkoba adalah jenis narkotika yang biasa digunakan untuk proses bedah operasi dan program penyembuhan penyakit tertentu.

1. Meningkatkan kreatifitas

Cara mencegah narkoba dikalangan pelajar dapat diawali dengan membudidayakan dan mengembangkan kreatifitas serta keterampilan individual yang disesuaikan dengan minat, Bakat dan hobi anak.

2. Dukungan moral

Cara mencegah narkoba dapat di mulai dengan adanya dukungan moral yang positif dari orang tua, Kerabat terdekat, Teman teman dan masyarakat untuk selalu memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba bagi masa depan mereka.

3. Dukungan pihak pendidikan

Memberikan penyuluhan, Pengertian dan pemahaman dari para tim penagajar terhadap anak didik tentang bahaya narkoba bagi kualitas otak dan kecerdasan mereka. Lembaga pendidikan yang mendukung penuh cara mencegah narkoba dikalangan pelajar dapat menyebabkan anak didik merasa percaya diri untuk melindungi diri mereka dari pengaruh narkoba.

4. Anak usia dini

Memperkenalkan bentuk dan bahaya narkoba bagi kesehatan secara bertahap dengan bahasa yang mudah dimengerti pada anak anak usia dini sangat baik bagi pola pemikiran mereka ketika beranjak remja. Anak anak usia dini dapat diperkenalkan tentang bahaya narkoba dengan menggunakan gambar yang menjadi penunjang mereka agar lebih mengerti dan memahaminya.

5. Memupuk rasa kebersamaan

Cara mencegah narkoba dikalangan pelajar dapat dilakukan diarea dalam rumah , yaitu mempererat kebersamaan dengan keluarga dan sering menjalin komunikasi antara anak dan orangtua dengan bahasa yang santun dan tidak merasa diri paling benar. Komunikasi yang dilandasi kejujuran dan keterbukaan dapat mencegah remaja untuk terpengaruh dengan pergaulan yang salah.

6. Menghindari keluar malam

Sebaiknya para pelajar tidak kerluar malam jika tidak dengan ytujuan yang positif yang dapat meningkatkan kreatifitasnya. Keluar malam yang tidak perlu berpotensi mempengaruhi cara berfikir seseorang kearah yang lebih buruk. Pergaulan malam identik dengan hal hal yang berbau kriminalitas termasuk penggunaan narkoba.

7. Selektif dan peka dalam mencari teman

Masa remaja adalah masa dimana seseorang sedang membetuk diri dan mencari jati diri. Usaia remaja sangat mudsah terpengaruh dengan hal hal yang negatif, Karena pada usia tersebut seorang anak masih butuh wawasan seluas luasnya tentang hidup dan kehidupan. Selektif dan hati hati dalam bergaul adalah tindakan yang bijaksana agar diri tidak terjerumus dan terpedaya pada pergaulan salah.

8. Memperkuat keimanan

Mendalami ajaran agama, Rajin menjalankan ibadah dan berkumpul dengan orang orang saleh yang menyukai ibadah dimasjid atau di mushola sangat baik untuk mempertebal keimanan seseorang. Langkah sederhana ini mampu meredam pergaualan remaja pada pergaulan yang tidak baik.

9. Jangan coba coba

Hindarilah narkoba dan jangan pernah coba coba. Karena sekali saja mencoba maka diri akan terjerumus pada perbuatan dosa yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Menolak narkoba demi kesehatan adalah salah satu cara mencegah narkoba paling mudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

10.Informasi sebanyak banyaknya

Cara mencegah narkoba dikalangan pelajar dapat dilakukan dalam bentuk pencarian informasi sebanyak banyaknya melalui internet, Buku buku kesehatan, Konsultasi langsung pada dokter terkait, pada badan atau lembaga lembaga tertentu yang bekerja pada penanggulangan narkoba di Indonesia dan sebagainya.